Jumat, 18 Januari 2019

Perempuan Jadi Lebih Gemuk Saat Menstruasi, Ini Alasannya

Perempuan Jadi Lebih Gemuk Saat Menstruasi, Ini Alasannya
Menstruasi sering diiringi dengan kondisi dan simtom yang tidak menyenangkan. Kram perut, pegal-pegal, dan suasana hati yang buruk biasanya simtom langganan saat datang bulan. Selain itu, banyak perempuan merasa jadi lebih gemuk saat menstruasi. Kenapa ya?

Jangan khawatir, jika berat badan kamu meningkat sekitar satu minggu sebelum tanggal menstruasi, itu hanya karena berat air, jelas Raquel Dardik, MD, ginekolog dari NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat.

"Berat badan bertambah terjadi lima hari sebelum menstruasi, tapi akan kembali normal begitu datang bulan dimulai," jelasnya, melansir Shape, Senin (14/5/2018).

Berat air pra-menstruasi bervariasi, mulai dari setengah sampai 5 kg. Rata-rata peningkatannya sekitar 3 kg, jelas Dardik lagi.

Kenapa? Penyebabnya karena hormon progesteron. Saat bayi tidak ada (alias saat kamu menstruasi), kadar progesteron menurun. Efek sampingnya, setiap sel di tubuh jadi menyimpan tambahan air, jelas Dardik lagi.

Walau hal ini terkadang tidak membuat berat badan naik, kembung akibat gas bisa memperburuk situasi menstruasi, sehingga kamu jadi merasa sangat gemuk.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.