Minggu, 24 Mei 2020

Berbagai Manfaat Kesehatan Jika Tidur Tanpa Menggunakan Bra

Berbagai Manfaat Kesehatan Jika Tidur Tanpa Menggunakan Bra

Buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang dipublikasikan tahun 1995 mengawali prasangka kepada pengaplikasian bra ketika tidur. Sejak itu, banyak perempuan memilih untuk tidur tanpa bra demi menghindari bahaya kesehatan pada payudaranya. Hingga kini hasil penelitian yang dilaksanakan American Association for Cancer Research masih menjadi acuan para praktisi kesehatan kepada anggapan tersebut.

Belum adanya pembuktian medis mengenai manfaat dan risiko memakai bra ketika tidur membikin tidur tanpa bra menjadi sebatas pilihan untuk menyokong aspek kenyamanan ketika tidur. Akan tetapi, konsisten terdapat sebagian manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih untuk tidur tanpa memakai bra.

1. Mengurangi keringat
Menerapkan bra ketika tidur apalagi ketika temperatur ruangan naik di malam hari bisa menyebabkan Anda berkeringat. Beberapa ragam bra seperti yang terbuat dari bahan sintetik pun bisa membikin Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Keringat berlebih ketika tidur bisa membikin Anda sering kali terbangun di malam hari. Shawn Stevenson, penulis buku Sleep Smarter, menuturkan tidur tanpa mengenakan pakaian bisa menurunkan temperatur tubuh. Pada dasarnya temperatur tubuh memang menurun ketika tidur, melepas pakaian atau tidur tanpa bra bisa menjaga temperatur tubuh konsisten rendah. Dengan demikian itu, syaraf parasimpatis yang menolong tubuh untuk beristirahat dengan lebih maksimal pun bisa aktif lebih cepat.

2. Meningkatkan mutu tidur
Kebanyakan desain bra, bagus yang berkawat ataupun yang tak, disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari—di mana penggunanya bergerak secara aktif—tetapi tak untuk beristirahat ataupun tidur. Wujudnya yang ketat bisa membikin Anda merasa sesak atau pengap sehingga Anda tak nyaman ketika menerapkannya ketika tidur.

Perasaan tak nyaman ketika tidur ini bisa menyebabkan Anda kesusahan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur lainnya. Akibatnya, Anda tak mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas sehingga tenaga tubuh tak bisa sepenuhnya pulih. Tidur tanpa bra bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasa tak nyaman tidur memakai bra sehingga bisa tidur dengan lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam.

3. Mengurangi risiko infeksi kulit
Menerapkan bra seharian penuh bisa mengganggu sirkulasi udara pada pori-pori kulit yang tertutupi. Ketika bra tak pernah dilepaskan, kulit akan susah untuk meresap udara sehingga menciptakan lingkungan lembap yang kondusif untuk perkembangbiakan kuman membahayakan. Infeksi kuman ini bisa menyebabkan kemunculan jamur kulit dan iritasi sehingga muncul rasa gatal.

4. Mengurangi risiko penyumbatan limpatik
Format bra yang terlalu ketat dan kaku bisa memberikan tekanan berlebih pada payudara Anda. Sekiranya Anda rutin memakai bra seperti ini ketika tidur, Anda bisa berisiko menyebabkan penyumbatan limfatik.

Penyumbatan ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di tempat ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing membahayakan, dan sel-sel kanker. Selain itu, tidur tanpa bra bisa menghindari gangguan fungsi organ vital tubuh yang berhubungan dengan kelenjar limfatik seperti hati.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.