Sabtu, 09 Mei 2020

Apakah Kenikmatan Seks Berkurang Jika Menggunakan Kondom?

Apakah Kenikmatan Seks Berkurang Jika Menggunakan Kondom?

Beberapa pasangan lebih memilih untuk tak memakai kondom saat seks karena mengurangi kepuasan seksual. Kondom sendiri ialah alat kontrasepsi dan proteksi yang lebih mudah didapat dengan harga terjangkau. Beberapa pasangan sadar bahwa kondom mempunyai fungsi penting. Tetapi ada juga pasangan yang menolak untuk menerapkannya dengan alasan tak enak saat berhubungan intim. 

Kondom ialah alat kontrasepsi berbahan lateks yang berfungsi untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. Kondom diciptakan sedemikian rupa untuk menampung semen saat ejakulasi dan menghindari cairan semen masuk ke dalam organ intim wanita.

Walaupun bisa didapat di manapun, ada saja pasangan yang menolak untuk memakai kondom saat seks. Sebuah penelitian dari Emory University mengungkapkan, sepertiga pria hilang ereksi sesudah mereka mengenakan kondom. Adapun penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Arch Sex Behav menjabarkan mengenai imbas kondom dan kepuasan seksual. Studi ini melibatkan 115 partisipan perempuan dan laki-laki yang bersedia mengisi informasi lapangan perihal kepuasan seksual selama 3 bulan sebelumnya saat memakai kondom. 

Lewat penelitian hal yang demikian, tak bisa diabaikan bahwa memakai kondom lateks bisa menurunkan kepuasan seks karena mengatur sentuhan kulit secara langsung (taktil). Kembali lagi pada fungsi kondom itu sendiri, pasangan perlu menyadari bahwa kondom sebagai tindakan pencegahan kehamilan dan juga penyakit menular seksual. Khususnya pada pasangan dengan HIV.

Menerapkan kondom setiap kali berhubungan seks juga menjadi metode supaya terbiasa merasakan seks dengan memakai kondom. Pemilihan kondom secara pas sangat perlu dijalankan untuk meminimalkan ketidaknyamanan. Pilih kondom dengan ukuran yang pantas. Jangan pakai kondom dengan ukuran yang terlalu besar karena kondom bisa saja terlepas saat dikenakan. Sementara itu, kondom dengan ukuran terlalu kecil bisa mudah rusak. Kondom dengan ukuran yang pas menunjang kerjanya secara fungsional.

Kebanyakan kondom terbuat dari bahan lateks. Seandainya Anda mempunyai alergi lateks, coba pilih kondom dengan bahan berikut ini.

- polyurethane: terbuat dari bahan plastik dan sebagai pilihan kondom dengan bahan yang lebih tipis dibandingkan lateks
- polyisoprene: mempunyai tekstur yang hampir sama dengan lateks, namun lebih lembut dan lebih fleksibel dibandingkan polyurethane
- lambskin: terbuat dari membran yang terdapat pada usus domba, bertekstur lembut. Tetapi, kondom ini tak cakap memproteksi dari penyakit menular seksual.

Hindari juga memakai kondom sesaat sebelum ejakulasi, karena bisa memungkinkan cairan semen keluar dan mengalir ke organ intim wanita saat melaksanakan seks. Gunakan kondom langsung sebelum Anda melaksanakan penetrasi. Ada pelbagai produk kondom dengan masing-masing fitur. Anda perlu menyepakati dengan pasangan, kondom seperti apa yang mau Anda pakai. Ada kondom dengan bahan yang tebal dan tipis. Keduanya mempunyai fungsi yang sama dalam menjaga supaya cairan semen tak bocor mengalir ke organ intim wanita.

Walaupun ada studi yang sudah menceritakan bahwa memakai kondom bisa mengurangi kenikmatan seks pasangan, namun pemilihan kondom yang pas bisa menjadi salah satu solusinya. Setidaknya pemilihan kondom yang pantas bisa membikin seks terasa nyaman dan menunjang keduanya untuk menempuh orgasme.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.