Selasa, 28 April 2020

Cara Mencegah Terjadinya Kekurangan Tidur Yang Mempengaruhi Gairah Seks

Cara Mencegah Terjadinya Kekurangan Tidur Yang Mempengaruhi Gairah Seks

Berdasarkan seorang terapis seks, Gina Ogden, PhD, sebagaimana dimuat dalam Everyday Health, kwalitas dan waktu tidur mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap timbulnya asa seksual. Kian lelap Anda tidur, kian gampang Anda melupakan kejadian-kejadian buruk yang Anda alami di hari itu. Dampak positifnya, Anda bisa lebih relaks dan nyaman untuk berkaitan seks dengan pasangan.

Sebaliknya, kurang tidur bisa memengaruhi gairah seks, sehingga Anda akan malas berkaitan seks dengan pasangan. Kenapa? Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, kalau kurang tidur menjadi sebuah tradisi, hal ini bisa memicu rasa khawatir dan depresi yang berujung pada asa seks menurun.

Pasalnya, dikala tubuh ‘stres’ pengaruh kurang tidur, otak akan menekan produksi hormon seksual seperti estrogen dan testosteron. Dalam kondisi itu, tubuh ‘lebih memilih’ untuk memproduksi hormon stres, ialah kortisol. Perubahan hormon ini bisa memicu berkurangnya asa seksual, meningkatkan infertilitas, dan disfungsi ereksi. Bila kurang tidur memengaruhi asa seks Anda, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan ialah mengoreksi kwalitas tidur. Berikut ialah sebagian cara mengoreksi kwalitas tidur supaya kurang tidur tidak lagi memengaruhi gairah seks Anda.

1. Pahami berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk tidur
Kebutuhan tidur tiap-tiap orang berbeda. Tetapi, normalnya, orang dewasa umur 18-64 tahun membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur sehari. Jangan pernah menyepelekan waktu tidur dan susun strategi supaya Anda bisa tidur cukup dalam sehari. Contohnya, kalau Anda seharusnya bangun pagi, hindari begadang dan tidur lebih awal. Kurang tidur memang memengaruhi gairah seks. Tetapi kalau Anda bisa mengontrol jam tidur dengan bagus, asa seksual Anda mungkin akan kembali.

2. Ajak pasangan berkaitan seks
Bila Anda merasa susah tidur, cobalah untuk mengajak pasangan Anda berkaitan seks. Pasalnya, tidak cuma kwalitas tidur yang mempunyai pengaruh terhadap asa seksual. Aktivitas seks juga bisa memengaruhi kwalitas tidur. Berdasarkan sebuah tulisan yang dimuat dalam National Sleep Foundation, berkaitan seks bisa menolong Anda tidur lebih lelap. Hal ini disebabkan berkaitan intim bisa melepaskan hormon yang disebut hormon prolaktin yang bisa membikin Anda merasa relaks dan memunculkan rasa kantuk.

3. Kurangi pemakaian gadget sebelum tidur
Memakai gadget sebelum tidur acap kali kali menjadi penyebab Anda ‘lupa’ tidur. Artinya, Anda jadi sibuk menelusuri dunia maya, bermain game, atau berjenis-jenis kesibukan yang lazimnya Anda lakukan dengan gadget. Bila Anda menuruti ‘nafsu’ Anda untuk menerapkan gadget sebelum tidur, jam tidur Anda akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan Anda kurang tidur sehingga bisa memengaruhi gairah seks.

Agar kwalitas dan jam tidur Anda membaik, cobalah untuk stop menerapkan gadget setidak tiga jam sebelum tidur. Dengan seperti itu, kwalitas tidur Anda akan membaik, juga asa seksual Anda.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.