Rabu, 29 April 2020

Apakah Hamil Setelah Berhubungan Seks Dapat Dicegah?

Apakah Hamil Setelah Berhubungan Seks Dapat Dicegah?

Untuk mencegah hamil setelah berhubungan seks, ada sebagian alternatif alat kontrasepsi yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah sebagian alternatif kontrasepsi yang cukup tepat sasaran mencegah hamil setelah hubungan seks tanpa pengaman, di antaranya:

1. Pil kontrasepsi darurat
Pernahkah Anda mendengar mengenai kontrasepsi darurat? Ini adalah salah satu alternatif kontrasepsi yang Anda gunakan untuk mencegah hamil setelah berhubungan seks. Kontrasepsi darurat ini berupa pil yang wajib Anda konsumsi sesegera mungkin setelah berhubungan intim dengan pasangan. Kian pesat Anda menerapkan kontrasepsi darurat ini, semakin tepat sasaran pil ini menolong Anda mencegah hamil setelah berhubungan seks. Pil kontrasepsi ini bisa menolong Anda mencegah kehamilan hingga 72 jam setelah kesibukan seks tanpa pengaman tersebut.

2. Pil KB umum
Rupanya, tak hanya pil kontrasepsi darurat saja yang bisa menolong Anda mencegah hamil setelah berhubungan. Melansir Emergency Contraception Laman yang dikelola oleh Princeton, pil KB umum yang harusnya diterapkan untuk kontrasepsi sehari-hari juga bisa menolong Anda mencegah kehamilan setelah seks tanpa pengaman.

Namun, tak seluruh variasi pil KB berfungsi sebagai pil kontrasepsi darurat. Karenanya itu, Anda perlu mencari tahu variasi pil KB apa saja dan dari merek mana saja yang bisa diterapkan sebagai pil kontrasepsi yang sifatnya darurat ini. Akan tapi, saat Anda menerapkan pil KB umum untuk pencegahan kehamilan setelah berhubungan, ketersediaan pil KB mungkin tak cukup untuk diterapkan sebagai pil KB sehari-hari.

3. IUD tembaga
Alat kontrasepsi lain yang bisa Anda gunakan sebagai cara mencegah hamil setelah berhubungan adalah IUD tembaga. Alat yang dimasukkan ke dalam rahim ini bisa tepat sasaran mencegah hamil setelah seks tanpa pengaman. Anda tak disarankan untuk memasangnya sendiri. Anda memerlukan bantuan dokter untuk memasukkannya ke dalam rahim melewati organ intim wanita. Hanya saja, Anda wajib seketika melaksanakannya. Artinya, setelah Anda melakukan hubungan seks, Anda wajib sesegera mungkin pergi ke rumah sakit atau daerah praktik dokter kandungan.

Selain upaya mencegah hamil setelah berhubungan di atas, ada sebagian hal yang juga perlu Anda lakukan, seumpama:

1. Cek kehamilan
Anda mungkin saja mengusahakan yang terbaik dengan berusaha mencegah hamil setelah berhubungan. Namun, Anda konsisten wajib waspada dengan melakukan pemeriksaan kehamilan. Seketika ini bisa Anda lakukan kurang lebih dua pekan setelah melakukan hubungan seks tanpa pengaman. 

Sebelum Anda melakukan cek kehamilan di rumah maupun di rumah sakit, setidaknya pastikan bahwa Anda memang tak mengalami menstruasi dalam kurun waktu tersebut. Pastikan Anda tak melakukan cek kehamilan terlalu pesat. Pasalnya, tubuh Anda mungkin “belum selesai” membangun hormon hCG, sebagai hormon yang menunjukkan petunjuk-petunjuk saat pemeriksaan kehamilan.

2. Setelah rencanakan kontrasepsi
Khusus sukses mencegah supaya tak hamil setelah berhubungan seks tanpa pengaman, mungkin Anda menjadi lebih berhati-hati. Artinya, Anda mungkin mulai memikirkan apakah Anda memerlukan pengaman di kemudian hari. Jika jikalau Anda merasa ada kemungkinan untuk melakukan hal yang sama lagi di masa depan. 

Anda bisa mulai merencanakan pemakaian kontrasepsi jangka panjang, jikalau Anda memang tak ingin hamil hingga waktu yang telah Anda tentukan.  demikian, daripada Anda terus-menerus mencegah kehamilan setelah berhubungan, Anda mungkin bisa mulai merencanakan pemakaian kontrasepsi reguler.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.