Jumat, 15 Mei 2020

Begini Cara Mengetahui Sperma Yang Tidak Sehat

Begini Cara Mengetahui Sperma Yang Tidak Sehat

Keberhasilan untuk memiliki momongan tak cuma ditetapkan oleh seberapa kerap Anda berhubungan seksual, tapi juga kwalitas dan kesehatan sperma. Seperti halnya sperma yang subur dan sehat, sperma yang tak sehat malah memiliki ciri tertentu yang bisa diperhatikan. Apa saja ciri-ciri tersebut? Menginfokannya dari laman Mayo Clinic, kwalitas sperma bisa ditetapkan dari struktur (format), jumlah, dan kemampuan geraknya.

Kelainan pada ketiga aspek ini bisa menggambarkan keadaan tertentu yang menyebabkan penurunan kwalitas sperma. Berikut merupakan pedoman-pedoman dari sperma yang tak sehat:

1. Jumlah sperma sedikit
Pada keadaan normal, seorang pria mampu mengeluarkan semen (air mani) yang mengandung lebih dari 15 juta sel sperma per mililiternya. Kalau jumlahnya kurang dari angka tersebut, hal ini bisa jadi ciri bahwa sperma Anda tak sehat. Sebagian pria malah bisa mengalami azoospermia, merupakan keadaan saat semen tak mengandung sel sperma sama sekali.

Keadaan ini bisa menurunkan kans untuk memiliki si kecil karena tak banyak sperma yang bersaing menuju sel telor. Secara kasat mata, semen yang cuma mengandung sedikit sel sperma akan terlihat lebih encer dan berair. Oleh karena teksturnya encer, semen juga tak terlalu lengket seperti pada biasanya. Kalau diperhatikan dengan saksama, warna semen bukan lagi putih pekat ataupun kelabu. Anda mungkin mendapati warnanya lebih pudar atau cenderung tembus pandang menyerupai air.

2. Kelainan format sel sperma
Sel sperma normal memiliki bagian kepala berbentuk lonjong dan ekor yang panjang. Sementara sel sperma yang tak sehat memiliki ciri khas berupa kelainan format, baik pada kepala, ekor, ataupun bagian lainnya. Tiap-tiap pria sesungguhnya akan menjadikan sperma dengan format yang tak normal. Jumlah sperma yang tak normal malah bisa menyamai jumlah sperma yang sehat.

Diperlukan ini benar-benar wajar selama sperma yang sehat bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sayangnya, format sel sperma tak bisa dideteksi dengan mata telanjang. Air uji analisis sperma untuk mengenal besarnya prosentase sel sperma normal. Kehamilan biasanya lebih lama terjadi jika jumlah sel sperma normal kurang dari 4 persen.

3. Tak tak cukup lincah
Sel sperma sepatutnya mampu berenang dengan lincah menelusuri mulut rahim sampai tuba falopi untuk bisa membuahi sel telor.  adanya kemampuan ini menjadi ciri lain dari sel sperma yang tak sehat. Berkurangnya kelincahan sperma bisa disebabkan oleh bermacam tipe faktor. Mulai dari gangguan fungsi organ reproduksi yang dibawa sejak lahir sampai infeksi, cedera, operasi, serta kelainan fungsi dan format testis.

Seperti format sel sperma, kelincahan sel sperma juga cuma bisa diukur melewati uji analisis sperma. Hasil uji menggambarkan prosentase sel sperma yang mampu bergerak. Sel sperma tergolong tak sehat jika yang mampu bergerak kurang dari 32 persen. Ciri sperma yang tak sehat tergambarkan dari jumlahnya yang sedikit, bentuknya yang tak normal, serta kemampuan geraknya yang terbatas.

Oleh karena itu, sistem terbaik untuk menguji kwalitas sperma Anda merupakan dengan menjalani pemeriksaan laboratorium. Cobalah berkonsultasi terutamanya dahulu dengan dokter sehingga Anda bisa mengenal langkah permulaan yang perlu dijalankan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.