Minggu, 10 Maret 2019

Insomnia? Tak Perlu Obat Tidur, Atasi Dengan 5 Cara Mudah Ini

Insomnia? Tak Perlu Obat Tidur, Atasi Dengan 5 Cara Mudah Ini
Insomnia merupakan salah satu hal hampir pernah dialami setiap orang. Jika dibiarkan, gangguan tidur ini bisa menyebabkan menurunnya fungsi tubuh. Akibatnya beragam, mulai sulit berkonsentrasi dan mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh lemah.
Tak perlu mengonsumsi obat tidur, Anda bisa mencoba cara-cara mudah ini untuk mengatasi insomnia. Dilansir dari Bold Sky, tip ini bisa membantu Anda tidur nyenyak pada malam hari.

1. Makan ayam

Daging ayam mengandung banyak tryptophan, asam amino yang penting untuk memproduksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, dua hormon yang membuat Anda tertidur.

2. Minum teh

Teh chamomile, valerian, lavender dan peppermint membuat anda lebih mudah tertidur. Selain itu, menyesap teh dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga aktivitas dalam otak menurun dan membantu Anda lebih cepat tidur saat merebahkan tubuh di kasur.

3. Menyantap biji-bijian saat makan siang

Biji-bijian seperti nasi cokelat adalah cara tepat meningkatkan jumlah hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh. Namun karena butuh waktu lama untuk mencernanya, direkomendasikan untuk menyantapnya pada makan siang agar manfaatnya bisa dirasakan setelah makan malam.

4. Kurangi porsi makan malam

Makan terlalu banyak pada malam hari membuat Anda lebih sulit tidur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Itulah mengapa direkomendasikan untuk mengurangi porsi makan malam, atau berhenti makan setelah pukul tujuh malam sehingga tubuh punya banyak waktu untuk beristirahat setelah mencerna asupan nutrisi.

5. Jangan berolahraga malam hari

Berolahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang membuat Anda merasa bahagia. Namun akibatnya Anda justru merasa segar bugar setelah berolahraga pada malam hari karena serotonin mencegah aktivitas otak menurun, yang krusial untuk membuat seseorang tertidur.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.