Sabtu, 16 Februari 2019

Debat Capres Kedua: Bedah Visi Lingkungan Hidup ala Prabowo

Debat Capres Kedua: Bedah Visi Lingkungan Hidup ala Prabowo
Lingkungan hidup jadi salah satu poin dalam visi-misi calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno dalam kontestasi Pilpres 2019. Isu itu pada Minggu (17/2) malam ini akan diuji ketika Prabowo berhadapan langsung dengan Jokowi di debat capres kedua. Merujuk salinan visi dan misi yang diunggah di laman kpu.go.id, Prabowo-Sandi membagi misinya menjadi empat segmen. Hal-hal yang berkenaan dengan lingkungan hidup diurai dalam segmen ketiga: Pilar Budaya dan Lingkungan Hidup.

Ada empat poin rencana yang akan dilakukan dalam bagian itu. Pertama, Prabowo-Sandi ingin berperan aktif mengatasi perubahan iklim global. Kemudian, mereka juga ingin menerapkan hukuman seberat-beratnya bagi pemilik perusahaan yang terlibat penebangan liar. Perusahaan yang terlibat kebakaran hutan serta pembunuhan hewan yang dilindungi juga akan diberikan hukuman seberat mungkin.Kemudian, Prabowo-Sandi ingin merevitalisasi upaya-upaya pelestarian lingkungan menggunakan kearifan lokal, terutama di wilayah yang mengalami degradasi lingkungan parah.

Pasangan yang diusung Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN itu juga ingin memperhatikan nasib hewan-hewan langka. Caranya dengan meningkatkan luas area perlindungan dan konservasi.Prabowo-Sandi menjelaskan pula program aksi yang akan ditempuh dalam salinan visi dan misi yang diunggah di laman kpu.go. Misalnya saja pencegahan serta penindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan serta pembakaran hutan."Serta melindungi keanekaragaman hayati flora dan fauna sebagai bagian dari aset bangsa," mengutip butir nomor 2 Program Aksi Budaya dan Lingkungan Hidup.

Program aksi selanjutnya adalah mendorong semua usaha kehutanan dan produk turunannya agar mendapat sertifikat pengelolaan hutan. Sertifikat yang dimaksud harus diterima oleh pasar global.
Keduanya juga berjanji akan merehabilitasi hutan-hutan yang rusak untuk melestarikan alam dan satwa liar. Selain itu, mereka juga bakal merehabilitasi daerah aliran sungai serta sumber air.Sementara perihal pertambangan, Prabowo menyatakan akan mendorong usaha pertambangan yang ramah lingkungan serta menertibkan pertambangan liar. "Mendorong penggunaan kantong plastik yang berbahan nabati dan ramah lingkungan," bunyi butir nomor 10 program aksi.
Kepala Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak menyebut visi misi Prabowo-Sandi terkait lingkungan hidup memiliki sejumlah kelemahan.

Salah satunya adalah isu-isu lingkungan yang luput dari program kerja besutan Prabowo-Sandi, seperti penanganan sampah plastik, perlindungan lahan gambut, hingga pemberdayaan masyarakat adat.Kepala Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak menyebut visi misi Prabowo-Sandi terkait lingkungan hidup memiliki sejumlah kelemahan.Salah satunya adalah isu-isu lingkungan yang luput dari program kerja besutan Prabowo-Sandi, seperti penanganan sampah plastik, perlindungan lahan gambut, hingga pemberdayaan masyarakat adat.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.