Jumat, 15 Maret 2019

Badai Matahari Bikin Listrik Mati Hingga Gangguan Komunikasi

Badai Matahari Bikin Listrik Mati Hingga Gangguan Komunikasi
Badai Matahari  sebelumnya pernah terjadi, fenomena itu memberikan beberapa dampak bagi aktivitas di Bumi. Menurut laman space.com, beberapa waktu lalu, badai Matahari dapat mempengaruhi listrik hingga gangguan komunikasi.

8 Badai Matahari Terbesar yang Pernah Terjadi dalam Sejarah

Contohnya badai Event Carrington terjadi pada 1 September 1859. Nama badai ini sesuai dengan orang yang mengabadikan fenomena badai Matahari yaitu Richard Carrington, seorang astronom. Badai Carrington merupakan suar matahari pertama yang didokumentasikan.
Lembaga administrasi kelautan dan atmosfer Amerika Serikat (NOAA) mencatat badai Matahari Carrington memicu penampakan aurora besar yang dapat dilihat hingga Karibia. Badai ini menyebabkan komunikasi telegraf global terganggu dan memicu kebakaran.

Manusia sendiri tak perlu khawatir peningkatan aktivitas matahari ini membahayakan nyawa. Ancaman terbesar justru berada pada peralatan bikinan manusia yang berada di orbit, seperti satelit artifisial. Karena, jika ledakan tinggi terjadi dan terlepas ke Bumi, satelit yang melintas di sekitar kutub dapat mengalami gangguan teknis, bahkan bisa padam sementara.

Badai Matahari juga bisa mengganggu jaringan listrik sebuah negara. Pada tahun 1989 ketika badai Matahari skala besar menghantam atmosfer, fenomena itu membuat medan magnet Bumi di sekitar kutub menjadi tak stabil. Pembangkit listrik di Provinsi Quebec, Kanada, adalah yang paling terdampak. Lonjakan tegangan listrik menjadi tak terkendali, memicu terbakarnya sekring sebuah transformator utama.

Bahkan, selama 12 jam, aktivitas perekonomian di Quebec lumpuh total. Sekolah-sekolah juga diliburkan, sementara jaringan transportasi umum berhenti beroperasi. Badai Matahari juga mempengaruhi medan magnet Bumi di sekitar kutub. Komputer pribadi di penjuru Kanada mengalami kerusakan sementara. Bursa efek ikut terpengaruh.
Pada Juli 2000, sebuah ledakan besar mengakibatkan terjadinya  badai Matahari kuat. Kejadian ini mengganggu satelit GPS, sehingga akurasi penentuan posisi ngawur selama beberapa jam. Pada hari yang sama, beberapa perusahaan listrik juga mengalami gangguan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.